Pengaturan Keamanan pada Internet Explorer


Beberapa browser populer saat ini memungkinkan anda untuk mengontrol pengaturan keamanan/security setting saat anda browsing di internet. Berikut ini saya kemukakan beberapa cara sederhana agar anda tidak "terjebak" ke situs-situs yang tak semestinya. Pengaturan berikut memungkinkan anda untuk memblokir muatan/contents jahat yang bisa saja masuk ke komputer selama ber-internet.


Internet Explorer
  1. Buka baju Internet Explorer
  2. Klik Tools - Internet Options
  3. klik tab Security (Biasanya disebelah General)
  4. Pada Tab Security, anda akan menjumpai beberapa icon seperti Internet, Local intranet, Trusted sites, dan Restricted sites. Klik pada salah satu icon, kemudian klik tombol Sites. Disitu anda bisa mengoranisir situs-situs sesuai tipe.

    Saran saya, isian untuk masing-masing tipe sebagai berikut,
    • Local intranet: (Klik icon - Sites - Advanced) Berisi alamat-alamat web di jaringan lokal anda.
    • Trusted sites: Isikan dengan website-website favorit yang anda tahu bahwa web itu tidak mengandung hal-hal negatif, bahkan hal kecil seperti pop-up windows. Kalo saya sih favoritnya File Hippo (Lahan download gratis), KASKUS, dan lain-lain sesuai selera anda.
    • Restricted sites: Berisi website-website yang berbahaya atau kemungkinan berpotensi menyusupkan hal-hal tidak baik seperti gambar porno, atau ruang diskusi buruk
    • Internet: Berisi alamat-alamat web selain di tiga tipe tadi (Default).
  5. Klik tombol Custom Level... untuk mengatur ulang level toleransi (Recomended: High).
  6. Setelah puas utak atik, klik Apply - OK

Pengetahuan di bagian ini memang sederhana dan nampak sepele, namun ini akan sangat berguna terutama jika anda menggunakan shared computer/satu komputer untuk banyak orang. Lebih bahaya lagi jika anda mempunyai komputer di rumah yang senantiasa online dan kemungkinan anak atau keponakan anda menggunakananya juga. Seleksi alamat web ini setidaknya dapat mengurangi "dosa" dan memelihara generasi muda. Hahahaha
Selamat Mencoba

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community