Cara Mengetest Keampuhan Antivirus

paankbilang.blogspot, Kadangkala kita ragu, apakah antivirus kita bekerja dengan baik atau tidak, ada cara untuk ngetest hal tersebut, perhatikan caranya:

  1. Copy paste Code dibawah ini kedalam Notepad

    X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*
  2. Teks harus dalam keadaan Horizontal, matikan system Word Wrap Di Notepad (tau caranya lah ya? buang centang Word Wrap di menu Format)
  3. Lalu Save As Notepad tadi dengan ekstensi *.com (dot kom), Misalkan nama Save-As nya adalah checkantivirus.com itu adalah contohnya saja, nama bisa apa aja terserah anda, yang penting ekstensionnya harus .com
  4. Harusnya, beberapa saat setelah anda Save file tersebut ke dalam ekstension .com maka Antivirus akan langsung Nge-Detect file tersebut sebagai Virus, dan bila AntiVirus anda tidak ndetect apapun... artinya AntiVirus anda harus diupdate database Virusnya, atau ganti AntiVirusnya dengan yang lebih tanggap.

Jangan khawatir, File tadi aman kok. Walaupun kedetect sebagai Virus oleh AntiVirus, Text Code yang saya kasih tadi adalah Standard Text yang dipergunakan oleh para Developer Anti Virus. Khususnya oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research).

Apa Itu EICAR?

Eicar adalah sebuah Lembaga di Eropa yang didirikan untuk melakukan Riset Antivirus Komputer (European Institute for Computer Antivirus Research). Alasan di balik pembuatannya adalah untuk memungkinkan orang, perusahaan, dan programmer AV untuk menguji perangkat lunak mereka tanpa harus menggunakan virus komputer nyata yang dapat menyebabkan kerusakan yang sebenarnya harus AV tidak merespon dengan benar. EICAR mengibaratkan penggunaan virus hidup untuk menguji software AV untuk pengaturan api di sebuah tong sampah untuk menguji alarm kebakaran, dan mempromosikan file EICAR sebagai alternatif yang aman.

AV programmer menetapkan string EICAR sebagai virus diverifikasi seperti tanda tangan lainnya. Sebuah scanner virus compliant, ketika mendeteksi file tersebut, akan menanggapi secara persis sama seperti jika ditemukan kode benar-benar berbahaya. Penggunaannya bisa lebih fleksibel daripada deteksi jelas: sebuah file yang berisi string EICAR dapat dikompres atau diarsipkan, dan kemudian perangkat lunak antivirus dapat dijalankan untuk melihat apakah ia dapat mendeteksi string tes dalam file terkompresi.


Top Blogs jika anda suka dengan blog ini, dan, jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community