Dasar-Dasar Menjadi Web Designer

paankbilang.blogspot, Website merupakan media yang paling mudah dan cepat dalam mempublikasikan organisasi, pribadi dan perusahaan. Media ini menjadi sangat favourite saat ini karena dengan cepat akan menjadi berguna ataupun malah sebaliknya. Website menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari citra perusahaan sehingga diperlukan kehati-hatian dalam menentukan desain maupun isinya.

Dalam pembangunannya dibutuhkan beberapa pengetahuan/keterampilan standar sehingga website yang dihasilkan menaikkan citra perusahaan. Tulisan ini sebagai dasar bagi pemula untuk berani memulai membangun website dan memulai memasuki cakrawala baru yang dapat meningkatkan ketrampilan dan pendapatan anda.

Untuk memulainya, anda harus mengetahui dan menguasai beberapa pengetahuan/software diantaranya:

1. Perencanaan website

Proses ini merupakan awal dalam merencanakan halaman web dan seluruh web. Dimulai dengan mengumpulkan seluruh data dan informasi kemudian hasil akhirnya adalah sebuah “sitemap” lalu dimulai dengan merancang tata letak (layout) halaman, biasanya dilakukan mendesain tata letak halaman depan dan halaman kedua. Dalam mendesain halaman ini beberapa komponen penting biasanya masuk adalah navigasi, content, rencana letak image, copyright (bagian footer), komponen website dan hal lain yang dianggap perlu. Software yang biasa digunakan adalah: Microsoft Visio dan penulis sendiri menggunakan ConceptDraw Webwave (http://www.conceptdraw.com).

2. Desain Halaman Web Dasar

Berdasarkan hal diatas selanjutnya kita mulai melakukan desain web dengan menterjemahkan perencanaan ke dalam software desain, keahlian yang mesti diperdalam adalah typografi (kemampuan memilih font yang tepat), tata letak halaman (menguasai kemampuan membagi ruang halaman), pewarnaan (menguasai konsep warna dan pemilihan warna berdasarkan warna perusahaan dan teori pencampuran warna). Software yang digunakan salah satunya Adobe Photoshop, dengan mempelajari pembuatan tombol/navigasi, background, bekerja dengan teks, manipulasi gambar/image, dan khususnya memperdalam teknik-teknik desain website. Banyak sekali resource gratis yang bisa anda temukan di website khususnya belajar photoshop untuk website, anda bisa mencarinya di search engine dengan keyword “tutorial photoshop for web”. Untuk memudahkan anda mendesain web ini, penulis telah menyediakan sebuah web yakni www.dokumenkerja.com, anda tinggal download dan modifikasi tampilan website yang anda inginkan.

3. Desain Halaman Web Lanjutan

Untuk meletakkan halaman web hasil desain photoshop di atas, diperlukan mengubah halaman web ke dalam bentuk HTML, dan diperlukan sebuah software yakni salah satunya Adobe Dreamweaver. Dreamweaver ini yang membantu pengaturan halaman-halaman desain diubah ke HTML. Selain Dreamweaver banyak software sejenis lainnya seperti Microsoft Frontpage. Seperti juga Photoshop untuk mempelajari Dreamweaver tersedia banyak sekali tutorial gratis. Jika anda ingin cepat mudah silahkan saja mencari buku tentang Dreamwever ini toko buku.

4. Membuat Video, Flash, Shockwave dan Audio

Saat ini banyak sekali software yang digunakan untuk membuat video, flash, shocwave dan audio yang bertujuan untuk membuat website kelihatan lebih apik dan powerful. Gabungan beberapa komponen ini kita sebut dengan animasi web dan diperlukan rencana detail agar animasi yang dibuat tepat sasaran dan sesuai dengan isi website. Sedangkan untuk pemilihan software tergantung pada tingkat kerumitan animasi web, untuk saat ini yang sering digunakan adalah Adobe Flash.

Demikian beberapa kebutuhan dasar keahlian/keterampilan yang mesti dimiliki untuk menjadi desainer web/webmaster, dan untuk menjadi ahli diperlukan latihan-latihan dan beranikan diri untuk mendapatkan project-project riil dalam membangun website.Selamat mencoba.

Sumber Artikel: Ilmu Komputer


Top Blogs jika anda suka dengan blog ini, dan, jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community