Siap Menjadi Freelancer? Pertimbangkan Hal Berikut

paankbilang.blogspot, Menjadi freelancer tampaknya memberikan aroma kebebasan dan kebahagiaan yang sangat kentara. Menghitung-hitung keuntungan menjadi freelancer akan menjadi panjang dan tidak ada habisnya. Dari segala sisi, tampak indah, berbinar dan berkilau.

Mencoba menjadi sedikit penyeimbang, artikel kecil ini sengaja coba penulis suguhkan. Semoga bisa sedikit menarik kaki kembali ke bumi setelah sekian lama terbang mengawan di angkasa harapan. Tapi jangan sampai memudarkan impian menjadi freelancer dan patah semangat.

Berikut adalah beberapa "duka" menjadi freelancer yang layak untuk diketahui:

1. Pembayaran Ngaret
Memang benar, bayaran menjadi freelancer biasanya cukup besar dan kadang diatas rata-rata. Namun jangan dibayangkan bayaran tersebut adalah bayaran rutin per bulan. Karena biasanya, bayaran dari jasa freelance kita itu ngaret. Sangat mungkin sekali, dalam satu bulan tidak ada pemasukan dari mana-mana. Dan sangat mungkin juga, bulan-bulan berikutnya seluruh pembayaran masuk bersamaan.

2. Hari Libur Tidak Pasti
Kontrol penuh terhadap pekerjaan dan waktu pengerjaan ada ditangan para freelancer. Namun itu bukan berarti bisa seenaknya. Jika tidak serius dan lalai dalam manajemen waktu, maka bersiap-siaplah menghadapi bencana. Pada hari ketika rekan-rekan yang lain sedang menikmati week end atau libur nasional, bisa jadi Anda sedang keteteran pekerjaan dan harus lembur jor jor-an.

3. Tidak Punya Status Sosial
Jika Anda masih memikirkan status sosial, maka pilihan menjadi freelancer tampaknya akan sedikit mengganggu. Mungkin bagi Anda yang sekarang sedang menikmati status sosial Anda, apakah sebagai PNS atau karyawan BUMN atau karyawan perusahaan asing bonafide, siap-siaplah untuk kehilangan itu. Masyarakat, bahkan mungkin orang tua atau mertua Anda sendiri, akan menganggap Anda sebagai pengangguran yang harus dikasihani yang tiap sabtu rutin dibelikan koran lowongan pekerjaan.

Bagaimana, siap menjadi freelancer?

Top Blogs jika anda suka dengan blog ini, dan,jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community